cara merawat anjing husky

Siberian Husky
Sejarah singkat anjing Siberian Husky:

Mungkin selama ini kita mengetahui dari cerita, bahwa anjing sebenarnya adalah serigala yang dipisahkan dari alam liar oleh manusia pada jaman purba yang kemudian dikembang biakkan sehingga dalam perkembangannya serigala itu menjadi anjing. Setelah puluhan ribu tahun, akhirnya
telah tercipta berbagai macam jenis anjing. Dari anjing pekerja yang berguna hingga anjing toy yang tidak punya kegunaan bagi manusia selain menjadi teman atau peliharaan saja. Dari anjing kampung yang memiliki kemampuan bertahan hidup yang menakjubkan hingga anjing yang tidak mungkin bertahan hidup tanpa bantuan manusia.

Saat ini perkembangan ilmu pengetahuan telah memberikan keyakinan bahwa serigala dan anjing memang kerabat yang sangat dekat, bahkan mungkin sebenarnya serigala adalah variasi jenis (trah) anjing. Misalnya anjing Siberian Husky adalah anjing yang termasuk jenis anjing ras namun sekilas terlihat mirip serigala, ini diperkirakan terjadi karena hasil persilangan alam.

Aslinya anjing ras ini dikembangkan oleh masyarakat Chukchi di daerah Asia timur laut sebagai anjing penarik kereta untuk membawa beban. Pada musim dingin tahun 1925, ketika demam Diptheria melanda kota Nome, daerah terpencil di Alaska, tim estafet anjing ini membawa serum penyelamat dari daerah Neana yang jaraknya cukup jauh. Usaha keras bersemangatkan kepahlawanan dari para pengendara dan anjingnya ini mendapatkan penghargaan nasional.

Sifat-sifat Siberian Husky:
Siberian Husky adalah anjing yang memiliki sifat menyenangkan dan mesra. Wataknya yang lembut dan bersahabat ini mungkin terjadi karena warisan masa lalu, sejak masyarakat Chukchi memelihara anjing-anjing ini. Walaupun begitu Siberian Husky juga sangat waspada, tapi menyenangkan dan mudah menyesuaikan diri. Tingkat kecerdasannya pun telah dibuktikan, tetapi jiwa merdekanya setiap waktu bias menantang kecerdikan manusia. Kemampuan serba bisanya membuat dia menjadi teman yang serasi bagi manusia pada semua umur pada berbagai kesukaan.
Ketika kemampuan menarik perhatian seluruh keluarga ditunjukkan, dia menunjukkan ketidaktakutan terhadap orang asing dan akan menyambut tamu dengan ramah. Dalam hubungan dengan anjing asing, Siberian Husky menunjukkan minat yang ramah tamah dan menganggap sebagai saudara sendiri. Jika diserang, bagaimanapun juga dia sudah siap dan dapat membela dirinya sendiri dan dapat menghadapi serangan dengan membunuh lawannya.
Naluri predator dalam Siberian Husky sangat kuat. Ketika Siberian Husky secara normal ramah dan bersahabat dengan manusia dan anjing-anjing lainnya, para pemilik harus berhati-hati terhadap hewan-hewan kecil yang ada di sekitar rumah, seperti tupai, kelinci, burung, tikus, hamsters, kucing dan binatang lainnya, adalah korban yang sangat potensial dari naluri predatornya yang kuat. Mereka cepat, cerdik dan sabar dalam kemampuan berburunya.
Ada satu karakter terakhir dari Siberian Husky yang harus diperhatikan. Yaitu hasrat untuk berlari. Banyak anjing jenis ras lain, ketika dibiarkan di pagi hari, akan duduk di depan pagar sampai sepanjang hari. Tetapi tidak pada Siberian Husky. Warisannya telah memberkahi dia dengan hasrat untuk berlari dan persetujuannya telah diberikan pada dia dengan kemampuan untuk menikmatinya tanpa merasa lelah.
Cara memelihara Siberian Husky :
Siberian Husky adalah anjing yang mudah dipelihara. Secara alami dia bersih dan bebas dari bau yang tidak enak serta parasit-parasit. Sedikitnya sekali dalam setahun Siberian Husky merontokkan bulunya. Beberapa orang merasa bahwa masa perontokkan bulu ini lebih mudah diatasi daripada perontokan bulu yang terus menerus dan tumbuh baru kembali dari banyak jenis bulu anjing ras lainnya.
Pada awalnya adalah sebuah kebiasaan dari banyak anak anjing pada seluruh ras yang terjadi pada masa pertumbuhan gigi, yang terjadi terus menerus dan dihubungkan pada sasaran yang tepat. Menggali lubang, dimana banyak Siberian Husky memiliki kemampuan khusus yang mendalam untuk melakukan hal itu. Sampai sekarangpun masih terjadi jika dia menemukan daerah yang tepat untuk digali.

Siberian Husky termasuk mudah dipelihara, karena membutuhkan hanya sejumlah makanan untuk ukuran tubuhnya. Ciri ini, mungkin juga diikuti dari kebiasaan asal ras ini, dimana masyarakat Chukchi mengembangkan anjing-anjing mereka untuk menarik beban secara cepat melewati jarak yang jauh pada suhu rendah dimana kemungkinan yang sedikit untuk dapat membawa sejumlah makanan.
Seekor Siberian Husky yang mempunyai sifat yang suka berlari dan melompat, membutuhkan sebuah perlindungan, dia harus dalam pengawasan setiap waktu agar kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Jika anda merasa tidak nyaman untuk mengawasinya, maka Siberian Husky bukanlah ras yang cocok untuk anda.
Dan satu lagi sifat yang ada pada anjing yang menarik ini. Siberian Husky hidup dalam kumpulan dan membutuhkan teman seperti anjing lain atau manusia pada setiap waktu. Jika anda bekerja sepanjang hari, atau hanya memiliki ruangan hanya untuk satu anjing janganlah membeli atau memelihara seekor anjing Siberian Husky.

Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar